Pemerintah Desa Senaru : Program PISEW Dinikmati Oleh Semua Lapisan Warga Masyarakat

Redaksi7.com-Lombok utara-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut mendukung pertumbuhan ekonomi perdesaan melalui penyediaan infrastruktur dasar dengan skema Padat Karya Tunai. Salah satunya adalah Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) yang dilakukan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan, memperbaiki tata kelola pemerintah daerah (kabupaten, kecamatan dan desa) serta memperkuat kelembagaan masyarakat di tingkat desa.

Di kabupaten Lombok  utara,program ini terbilang baru. Sebab, sejak dimulai pada tahun 2016 lalu. Program ini hanya bergulir dibeberapa kabupaten /kota di nusa tenggara barat.  Dari 5 kecamatan ,kabupaten Lombok utara hanya mendapat 4 lokasidiantaranya : kcamatan pemenang, tanjung, kayangan dan bayan.Jumat (10/7)

Untuk dikecamatan bayan, pemerintah daerah mengusulkan desa senaru dan desa karang karang bajo menjadi penerima mamfaat program. Karena harus menghubungkan antar 2 atau lebih desa, pemerintah desa senaru dan karang bajo menyepakati membangun jalan Lapisan penetrasi ( LAPEN ) yang menghubungkan Dusun Oma segoar ,desa senaru dengan Dusun Plabupati, DesaKarang bajo.

Ditemui dilokasi saat memantau pembangunan jalan, Kepala Desa Senaru Raden Akria Buana menyampaikan ucapan dan terimakasih  yang setinggi – tingginya kepada pemerintah pusat atas bantuan Infrastruktur jalan yang  diberikan melalui Program Pisew.

“Tentu saya sebagai kepala desa mengapresiasi langkah yang dilakukan pemerintah pusat memilih desa senaru dan karang bajo menjadi penerima mamfaat.  Sebab memang sangat pas ,mengingat masyrakat kami yang didusun oma segoar ini memang sangat membutuhkannya “ ungkapnya.

Terkait program Pisew ini ia menganggap sangat membantu untuk menunjang perekonomian masyarakat setempat.  Terlebih jalan yang dibangun ini memhubungkan antar dua desa

“ keberadaan program pisew untuk membangun jalan yang menghubungkan antara dusu nomasegoar desa senanru dengan dusun plabupati desa karang bajo ini sangat. Memudahkan masyarakat. Apalagi akses jalan ini bukan hanya dinikmati oleh  dua desa ini saja,tapi desa anyar juga dapat merasakan mamfaatnya.” Ungkap Miq akria.

Kedepaniaberharap program – program pembanguan infrastruktur semacam ini dapat menyasar desaanya Kembali,mengingat jika hanya mengandalkan AanggaranPendapatan dan belanja Desa dirasa belum maksimal untuk pemerataan pembangunan didesa senaru.

Sementar itu, senada dengan kepaladesa. tokohmasyarakat Oma seguar yang juga menjabat sebagai kepala kewilayahan dusun omasegoar desasenaru,Abdul Manaf menegaskan.  Keberadaan program pisew ini cukup membuat masyarakat bernafas lega .Sebab setiap tahunnya Ketika musim hujan tiba,akses jalan menuju keperkenbunan warga ini sangat licin karena struktur tanahnya kategori tanah liat. Ia menambahkan Warga setempat rata – rata memiliki perkebunan Mente disekitar jalan yang dibangun melalui program pisew.

“ Masyarakat disini rata – rata petanimente.  Jadi kalau musim hujan agak kewalahan masyarakat keperkebuna mereka. Apalagi Kalau sudah panen. Biaya pengangkutan dari perkebunan kejalan besar juga terbilang mahal. Namun tentu dengan dibangunnya akses jalan lewat program pisew ini kedepan masyarakat tidak lagi khawatir kalau musaim hujan karena mereka sudah memilki jalan yang mulus dan mudah dilewati.

Oma segue rmerupakan dusun dihuni oleh masyarakat yang berprofesi sebagai petani. Komoditi andalannya adalah jambu mente.

 

Share this:

604 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!