by

Petugas Pengamanan Operasi Ketupat Rinjani 2022, Jaring Kendaraan Bak Terbuka Yang Nekat Angkut Orang

Redaksi7.com Mataram – Sejumlah kendaraan mobil bak terbuka seperti open cup dan Drum truk  yang nekat mengangkut orang  yang akan ke tempat wisata, terjaring petugas Pos Pengamanan Operasi Ketupat Rinjani 2022. Selasa (3/5)

Kasat Lantas Kompol Bowo Tri Handoko mengatakan libur lebaran banyak warga yang menggunakan kendaraan bak terbuka untuk ke tempat wisata atau pun ke tempat sanak keluarga mereka, tanpa memikirkan keselamatan mereka.

“Mobil bak terbuka untuk mengangkut orang pada masa libur Lebaran seperti sekarang ini sangat berisiko mengakibatkan terjadinya kecelakaan sehingga jajaran Sat lantas Polresta Mataram yang terlibat dalam Ops Ketupat Rinjani 2022 menertibkan pengemudi yang masih nekat menggunakan mobil bak terbuka / truk untuk mengangkut orang,” ucapnya.

Untuk memberikan efek jera terhadap pengemudi yang tetap nekat mengangkut orang dengan kendaraan bak terbuka, sat lantas Polresta Mataram memberikan sanksi berupa tilang kepada sopir.

“Sesuai Undang -Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan yang menyebutkan kendaraan bak terbuka di peruntukan untuk angkutan barang dilarang mengangkut penumpang atau orang,” tegasnya

Selain itu, Bowo menekankan bahwa kesadaran warga terutama pengendara atau pengemudi bak terbuka harus ditingkatkan, dikarenakan risiko seperti kecelakaan lalu lintas kapan pun bisa terjadi di jalan raya.

“Mengangkut orang dengan bak terbuka sangat mengancam keselamatan baik sopir maupun penumpangnya,” jelasnya

Dalam kesempatan itu  Bowo menghimbau kepada seluruh warga masyarakat khususnya para pemilik kendaraan bak terbuka untuk tidak dipergunakan mengangkut orang melainkan digunakan sesuai dengan peruntukannya.

 

“Kami tidak melarang penggunaan mobil bak terbuka apalagi sesuai peruntukannya. Silakan digunakan tapi jangan untuk mengangkut manusia, karena kami tidak akan memberikan toleransi,” tutupnya

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.