by

Aktifitas Penyeberangan di Pelabuhan Lembar Masih Terpantau Landai, Polisi Lakukan Penjagaan

-Binkam-64 views

Lombok Barat, NTB – Penjagaan di Pelabuhan Lembar Tetap Diperketat, diantaranya kegiatan pemeriksaan tentang Pelaku Perjalanan Domestik.

Selain itu, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Iptu Irvan Rurahman mengatakan, penjagaan ini juga terkait keamanan dan ketertiban Masyarakat di Pelabuhan Lembar.

“Aktifitas di Pelabuhan Lembar masih terpantau normal, namun terkait dokumen sebagai syarat perjalan domestic tetap diperiksa,” ungkapnya.

Menurutnya, jajarannya masih mengacu kepada pemberlakuan Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 37 tahun 2021/

“Pemeriksaan dokumen diantaranya surat keterangan Rapid Tes antigen dan sertifikat vaksin minimal tahap I atau dosis pertama bagi Penumpang perorangan,” ucapnya.

Penjagaan juga terkait dengan keamanan dan ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Area Pelabuhan.

“Antisipasi terjadinya premanisme dan aksi calo, yang tentunya apat merugikan Masyarakat, khususnya pengguna jasa penyeberangan lembar ini,” katanya.

Sehingga, pihaknya melakukan pengamanan pembelian tiket, di Toll Gate pelabuhan PT. ASDP lembar, untuk mengantisipasi adanya premanisme dan calo tersebut.

“Tujuannya untuk Memberi rasa aman kepada pengguna jasa kapal yang hendak membeli tiket, dengan mempersempit kesempatan pelaku calo itu sendiri,” imbuhnya.

Dari hasil pemantauan, tidak ada lonjakan yang berarti terkait aktifitas bongkar muat di Pelabuhan Lembar ini.

“Masih terpantau landau, selain pengamanan di lokasi yang telah disebutkan tadi, juga pengamanan langsung dilakukan diatas Kapal,” ujarnya.

Pengamanan yang dikemas dalam patroli dialogis, sehingga ersonel pengamanan dapat berinteraksi langsung dengan pengguna jasa penyeberangan.

“Tentunya sangat terkai dengan Protokol Kesehatan, selain untuk mencegah kejahatan konvensional,” lugasnya.

Himbauan ditujukan kepada pengguna jasa atau penumpang diatas kapal,  untuk wajib menggunakan masker dan jaga jarak.

“Selama dalam pelayaran diharapkan mematuhi ini, untuk menjalankan protokol Kesehatan, guna mencegah penyebaran COVID 19,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed