by

USUNG PLN EMPOWER, PLN UIP NUSRA SIAP DORONG PENCAPAIAN SDGs 2030

-Ekbis, News-60 views

Mataram, 19 Agustus 2021 – Di tahun 2021, PLN Peduli mengusung tema PLN Empower untuk merealisasikan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan-nya (TJSL). PLN Empower ini merupakan pemberdayaan oleh dan dari masyarakat untuk mewujudkan renewable energy dan mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan, atau yang dikenal sebagai Sustainable Development Goals (SDGs).

PLN Empower ini terdiri dari tiga pilar yaitu PLN Pintar, PLN Power, dan PLN Go Green. PLN Pintar merupakan program pemberdayaan untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat, PLN Power adalah program renewable energy dengan potensi lokal yang bisa dikembangkan, dan PLN Go Green adalah program penanganan lingkungan.

Di PLN UIP Nusa Tenggara (Nusra), implementasi PLN Empower ini terjabarkan dengan berorientasi pada dua sasaran utama, yakni program pelatihan atau pendidikan dan pengentasan kemiskinan.

“Skema pengembangan penerima bantuan harus dapat mengembangkan potensi – potensi yang ada di masyarakat, baik pada sektor pariwisata, sektor kuliner, komoditi pertanian dan penghijauan”, tutur Prapsakti Wahyudi, Manager Perizinan, Komunikasi dan TJSL PLN UIP Nusra.

“Nantinya, diharapkan keseluruhan program tersebut mampu mendorong perbaikan pada sektor tersebut dan memberikan dampak yang berkelanjutan”, tutur Prapsakti.

Prapsakti juga menambahkan jika program – program PLN Peduli harus dapat menyentuh kebutuhan dasar masyarakat, sehingga eksekusi program menjadi lebih maksimal. Wujud bantuan dapat berupa pembangunan fasilitas umum dan sosial, pengembangan potensi alam dan lingkungan, pengembangan produk, dan tentunya pengembangan sumber daya manusianya.

“Saat ini, PLN UIP Nusra telah mengembangkan beberapa sektor pariwisata baru, seperti kawasan eduwisata Pantai Mapak Indah, Kawasan Gumbang Ganang, pengembangan komoditi jahe merah dan kopi Sembalun, serta olahan frozen Food masyarakat Tanjung Karang, dan lainnya”, sambung Prapsakti.

Ke depan, program seperti ini pastinya akan terus diperbanyak dan diperluas. Selain merupakan bentuk dukungan PLN terhadap pencapaian SDGs, tentunya diharapkan dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan dan ekonomi masyarakat, khususnya di NTB.

Untuk diketahui, SDGs yang terdiri dari 17 tujuan penting ini merupakan tujuan global di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan diikuti oleh banyak negara di dunia. Setiap tahunnya setiap negara akan melaporkan pencapaian SDGs ke PBB, termasuk Indonesia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed