by

Optimalkan Kompetensi Tenaga Lokal, YBM PLN Dan Pokdarwis Rangsot KLU Kembali Lakukan Guiding Tamu

Tanjung, 10 Agustus 2021 – Objek kawasan wisata berbasis kearifan lokal di Dusun Rangsot Barat, Desa Cahaya Sigar Penjalin, Lombok Utara yang diinisiasi oleh Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN NTB dan Lombok Eco International Connection (LEIC) terus menunjukkan perkembangan yang cukup baik. Kemitraan program pemberdayaan masyarakat dengan produk unggulan budidaya lebah trigona dan pengolahan sumber daya lokal jambu mete ini semakin diminati oleh masyarakat.

 

Guna mengoptimalkan program dan meningkatkan kompetensi Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Rangsot dan KUC di lingkungan Desa Cahaya Sigar Penjalin, Pokdarwis melaksanakan kegiatan Sharing Feedback Session dalam pola Guiding dan Penjamuan Tamu Kunjung guna meningkatkan kompetensi tenaga lokal (31/7).

 

PLH. Ketua YBM PLN Unit Induk Wilayah NTB, Moh. Kukuh Amukti menjelaskan kegiatan yang dilakukan tersebut berdampak besar pada keberhasilan program yang telah dijalankan.

 

“Wilayah Dusun Rangsot, Desa Cahaya Sigar Penjalin ini telah diinisiasi menjadi kawasan wisata yang menawarkan pemandangan alam nan cantik, lengkap dengan camping ground dan spot foto unik dan menarik bagi setiap pengunjung”, jelas Kukuh.

 

Guna mengoptimalkan potensi yang ada, ia mengharapkan tenaga lokal tetap eksis di masa pandemi dengan terus mengembangkan kompetensi SDM yang dimiliki.

 

“Ragam masukan dan solusi pengembangan kompetensi SDM tak lain bertujuan untuk mendorong profesionalisme agar dapat menciptakan warna kreasi Desa Cahaya dan kawasan wisata alaminya sendiri,” lanjut Kukuh.

 

Sementara itu, Kepala Desa Sigar Penjalin, Zawil Fadli mengungkapkan kegembiraan terkait dengan bergeraknya roda kegiatan di daerahnya, yang berdampak langsung terhadap warganya. Ia pun berharap momentum ini dapat dimanfaatkan oleh warganya.

 

“Dengan memberikan layanan terbaik kepada wisatawan dan kemampuan menjelaskan secara detail keberadaan desa wisata Cahaya Sigar Penjalin ini, apresiasi dari wisatawan akan didapat tidak hanya dalam wujud tip, tapi juga rekomendasi kepada teman-temannya untuk berkunjung ke desa Cahaya Sigar Penjalin,” kata Zawil.

 

Aktifitas pendampingan (guiding) dan penjamuan tamu dengan kearifan lokal Rangsot Barat dipandu secara langsung oleh POKDARWIS Rangsot, dihadiri oleh tamu dari berbagai komunitas di antaranya Lombok Care Community (LCC), Rumah Perkembangan NTB, NTB Solution Care, Perca Lombok, Rotary, NGO, blogger & Earth Hour Mataram, dan Himpunan Pramuwisata Indonesia Lombok Utara.

 

Sebelumnya, Wakil Bupati Kabupaten Lombok Utara, Danny Karter Febrianto Ridawan juga telah melakukan kunjungan ke lokasi dan menyampaikan apresiasinya terhadap YBM PLN NTB. Danny juga mengatakan sinergi semua pihak tentunya sangat diperlukan untuk memutar perekonomian masyarakat, khususnya di Lombok Utara.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed