by

Desa Tamansari, Penerima Bantuan CSR PLN Peduli Program Bantuan Sarana Air Bersih yang Kini Mandiri

Lombok Barat-PT PLN (Persero) melalui salah satu unitnya yaitu Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara melakukan survey kembali ke lokasi penerima manfaat program bantuan sarana air bersih di desa tamansari kecamatan gunungsari kabupaten lombok barat.

Dalam kesempatan survey bantuan yang diberikan pada tahun 2019 tersebut, Prapsakti Wahyudi, Manager Perizinan dan Komunikasi didampingi oleh salah satu warga penerima manfaat bernama Rahman.

Bantuan yang awalnya diberikan berupa sumur bor, saluran air, tandon air, dan pompa air dan penerima manfaat kurang lebih 500 kepala keluarga.

“Pada tahun 2019 kita memberikan bantuan itu bertujuan untuk membantu warga yang terdampak bencana gempa bumi” tutur Prapsakti

Prapsakti juga menambahkan bahwa sebelumnya permasalahan air bersih di desa taman sari cukup membuat warga ribut dan PLN yang saat itu yang juga sedang membuat dapur umum disitu berinisiatif untuk memberikan bantuan sarana air bersih.

Saat ini bantuan sarana air bersih itu berkembang dapat dinikmati oleh 800 kk lebih dan dikelola swadaya oleh masyarakat.

Rahman salah satu warga disana juga meceritakan, bahwa saat ini sumur bor yang telah di bangun mengeluarkan air yang cukup deras sehingga memotivasi warga untuk melanjutkan pengembangan sarana air bersih tersebut.

“Alhamdullilah air yang keluar disumur kencang, bahkan lebih baik ketersediaan air bersih dari sebelum saat gempa” ujar rahman

Prapsakti menyambut baik hasil dari program bantuan sarana air bersih di desa tamansari ini karena telah dikelola mandiri oleh masyarakat.

“Kami bersyukur dengan adanya program tersebut yang dapat dikelola swadaya oleh masyarakat, dan kami (PLN) juga dinilai telah menjalankan tanggung jawab sosial dengan kepedulian tinggi terhadap ekonomi masyarakat, sosial dan lingkungan,”

Prapsakti menjelaskan bahwa PLN kedepanya berkomitmen implementasi CSR memberikan manfaat optimal bagi masyarakat dan lingkungan, dengan terus menyasar program inovatif dalam mendukung strategi bisnis Perusahaan secara berkesinambungan.

“Akan banyak program program kedepanya yang memiliki exit strategy dan menumbuhkan kemandirian di masyarakat” pungkas Prapsakti

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed