by

Maksimalkan Penanganan Korona, Pemkab Lobar Bentuk Tim Reaksi Cepat Covid 19

-Uncategorized-48 views

Redaksi7.com-Lombok Barat-Untuk memaksimalkan penanganan dan pencegahan penuluran wabah virus corona atau covid-19, pemerintah kabupaten lombok barat bersama TNI-POLRI dan dinas terkait serta satgas covid-19, mengelar rapat untuk membentuk tim reaksi cepat (TRC) covid 19, yang berlangsung di Bencingah Agung Kantor Bupati Kab. Lombok Barat, Kamis (23/4).

Hadir kegiatan tersebut  Bupati Lombok Barat H. Fauzan khalid, Sekda dan para Asisten, Dandim 1606/Lobar, Kapolres Lombok Barat,  Kabag Ops Polres Mataram,  Pejabat Utama Polres Lombok Barat,  Kepala Dinas Kesehatan Lombok Barat,  Kepala Dinas Sosial,  Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Tenaga Kerja,  Kepala Dinas PUTR, Kepala Dinas Pendidikan,  Kalak BPBD,  Kasat Pol PP Lombok Barat,  Direktur RSUD Tripat,  Direktur RS Awet Muda,  Dinas LH,  Dinas Dukcapil,  Dinas Perkim,  Kesbangpol,  Kemenag Lombok Barat, Kabag kesra, Kabag ortal beserta staf yang ditugaskan oleh masing masing OPD serta Anggota Tim Gusus Penanganan Cepat Covid – 19.

Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, SIK., selaku Ketua Tim Reaksi Cepat mengatakan bahwa dibentuknya Tim Reaksi Cepat Covid 19 ini sesuai dengan SK dari Bupati Lombok Barat.

“Tujuannya yaitu untuk penanganan Covid 19 di wilayah Kab. Lombok Barat secara cepat dan maksimal,”ungkap Bagus

Selaku Ketua Tim, Kapolres berharap dukungan semua pihak dan ini menjadi ibadah bagi semua dan  menekankan bahwa dalam kegiatan tersebut harus dilakukan dengan semaksimal mungkin, tidak ada yang bergerak sendiri.

“Agar setiap permasalahan sekecil apapun untuk dapat diselesaikan dan ini merupakan tanggungjawab ketua Tim apabila ada permasalahan,”katanya

Untuk Tim mencari informasi, terkait berapa banyak masyarakat Lombok Barat yang positif Covid 19 agar dilakukan pendataan.

“Saat ini wilayah Kab. Lombok Barat dalam status waspada penyebaran Covid 19,”jelasnya

Kapolres berharap untuk menunjukkan kemampuan yang dimiliki dalam menangani COVID-19 dan komitmen tersebut bisa dijaga.

“ bahwa Tugas ini merupakan perintah langsung dari Bupati dalam penanganan cepat wabah Covid di wilayah Kab. Lombok Barat,”tegasnya

Wilayah hukum Kab. Lombok Barat terbagi menjadi 2 wilayah hukum yakni wilayah Hukum Polres Lombok Barat dan Kota Mataram sehingga dalam penanganan agar bersama sama melakukan pemantauan terhadap posko Gusus Covid di wilayah masing – masing.

“Sekecil apapun permasalahan untuk tetap menjaga komunikasi antar Tim, sehingga apa yang sudah di amanatkan agar dapat dijalankan sesuai dengan ketentuan dilapangan,”ujarnya

 

Sambutan dari Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, S. Ag, M.Si, menyampaikan bahwa pembentukan Unit Reaksi Cepat Covid – 19 dibentuk secara khusus didalamnya terdiri dari Kepolisian, TNI dan Pemda.

“Secara tehnis meyakini tim yang sudah terbentuk mempunyai kemampuan yang sudah sangat  mumpuni, namun di situasi ini dibutuhkan kerelawanan dalam penanganan wabah virus Corona dan adanya konsisten melaksanakan protokol seperti Physical / Sosial Distancing,”kata Fauzan

Apapun yang sudah di sepakati agar dilaksanakan dengan rasa tanggungjawab dan Bupati mengajak satukan langkah dalam menangani Virus Corona / Covid 19 di wilayah Kab. Lombok Barat.

“ terkait persentase yang di paparkan di Kantor Gubernur NTB bahwa kasus Covid diprediksikan sampai bulan Agustus dengan jumlah kasus 5000 lebih, sehingga lakukan penanganan secara maksimal di wilayah Lombok Barat,”jelasnya

Sambutan Dandim 1606 Lobar yang menyampaikan bahwa sesuai dengan arahan Bupati untuk puncak Wabah Covid di NTB terjadi pada bulan Agustus.

“ untuk melakukan langkah – langkah cepat dalam penanganan sala satunya memberikan arahan dan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan Sosial / Physical Distancing dan melakukan rapit test secara cepat,”kata Dandim 1606 Lobar

Selain itu Meminta kepada seluruh tim reaksi cepat agar menghargai apa yang sudah di perintahkan oleh petinggi di tim dan untuk tugas kedepannya melakukan traking dan swab terhadap masyrakat di wilayah sehingga apa yang menjadi langkah cepat untuk dapat memutus rantai penyebaran Covid di wilayah Lombok Barat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.