by

Pelaku Penadah Motor Curian Asal Cakarenegara Utara Diciduk Polisi

-Uncategorized-58 views

Redaksi7.com-Mataram—Tim Opsnal Sat Reskrim Polresta Mataram berhasil menangkap seorang penadah sepeda motor hasil curian di Jalan Lingkar Selatan Kelurahan Pagutan.Pelaku berinisial INA (30 tahun) warga Cakarenegara Utara Kota Mataram ditangkap setelah petugas menyamar menjadi pembeli motor di daerah Sindu Kecamatan Cakranegarasebelum menangkap pelaku. kamis (02/04).
‘’ Kita tangkap kemarin hari rabu tanggal 1 Maret. Petugas menyamar menjadi pembeli. Ternyata motor itu adalah yang dicuri enam bulan lalu,’’ ungkap Wakasat Reskrim Polresta Mataram, AKP I Putu Bujangga,
Sampai dilokasi dan bertemu dengan pelaku. motor tersebut ternyata tidak dilengkapi dengan surat resmi. Petugas kemudian memeriksa motor matic tersebut. Hasilnya sama persis dengan motor yang dicuri enam bulan silam.
‘’ Makanya pelaku langsung kita amankan ke Mapolresta Mataram. Motornya bodong tidak ada surat,’’ bebernya.
Dari fakta tersebut. Pelaku tidak bisa mengelak lagi. Ia mengaku menerima gadai sepeda motor hasil curian. Motor scoopy ini digadai Rp 3 juta. Meski motor tanpa surat. Pelaku disebut tetap bersedia menerima gadai.
‘’ Sekarang kita arahkan dia sebagai pelaku penadahan. Ancamannya bisa 4 tahun,’’tuturnya.
Kendati demikian, pelaku bukanlah penadah pertama. untuk itu kepolisian masih akan mengembangkan kasus ini.
‘’ Bukan dia yang pertama. Masih akan kita kembangkan. Dia menerima motor curian itu saat kenal dengan seseorang waktu minum tuak di Abian Tubuh. Dia penadah keberapa masih belum diketahui. Dia ini hanya menerima gadai,’’ tambahnya.
Begitu juga dengan pemetik atau pelaku pencurian motor itu. Bujangga menyampaikan masih dikembangkan Kepolisian. Dari keterangan INA nantinya diharapkan bisa mengungkap pelaku curanmor.
‘’ Pemetiknya masih kita kejar,’’ katanya.
Bujangga menghimbau masyarakat untuk teliti membeli motor. Sebelum membeli motor, sebaiknya memeriksa surat dan dokumen. Jika tidak, kuat dugaan sebagai barang hasil tindak pidana pencurian.
‘’ Jika diragukan dan ditemukan tanpa surat. Segera laporkan ke kepolisian,’’ tegasnya.
INA sendiri lebih banyak menundukkan wajahnya. Dia tidak memberikan keterangan sama sekali saat ditanya petugas. Kini, dia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dia terancam dijerat pasal 480 KUHP tentang penadahan barang curian dengan ancaman 4 tahun penjara.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.