by

Unik, Kapolres Lobar Gelar Giat Berjemur Antisipasi Covid 19

-Uncategorized-74 views

Redaksi7.com-Lombok Barat-Cara unik yang di lakukan oleh personil polres lombok barat dalam menangkal virus corona atau covid-19, yakni melakukan  kegiatan berjemur dan melakukan kegiatan fisik ringan dilapangan apel Polres Lombok Barat, Sabtu (28/3).

Dalam kegiatan ini  dipimpin langsung oleh Kapolres Lombok Barat, AKBP Bagus S. Wibowo, dan memerintahkan seluruh anggota personil laki-laki diwajibkan membuka baju, yang bertujuan agar terpapar langsung sinar matahari.

“Kaegiatan ini  dalam upaya untuk menangkal covid 19, dan sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium dan imunitas tubuh,” katanya

Kegiatan berjemur dilakukan kurang  lebih selama 15 menit, diyakni virus corona tidak ada di dalam tubuh kita dan bisa dilakukan oleh semua unsur warga.

“Ini merupakan langkah-langkah antisipasi, untuk itu agar semua saling mengingatkan, dengan berkembangnya situasi saat ini,”ujarnya

Kapolres mengajak anggota untuk mengingatkan Masyarakat termasuk keluarganya masing-masing, bila tidak perlu keluar rumah, agar tetap berada di dalam rumah.

“Agar ini jangan dianggap remeh, dengan perkembangan situasi saat ini sehingga tantangan tugas polri semakin berat, untuk itu agar anggota melindungi diri salah satunya dengan kegiatan seperti ini,”harapnya

Selain itu kapolres lombok barat menambhakan kegiatan ini akan rutin dilakukan satu kali dalam dua hari, dengan harapan semua personil terbebas dari covid 19.

“Kegiatan ini  dapat mengantisipasi masuknya virus covid 19 pada anggota Polres Lombok Barat, dan kegiatan ini diselenggarakan untuk sekiranya memaksimalkan anggota Polres Lombok Barat dalam melaksanakan tugasnya,”jelasnya

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin D dengan sendirinya. Terlebih, kandungan vitamin D ternyata cukup terbatas hanya dari jenis-jenis makanan tertentu saja. Solusi mudah dan praktis di dalam mencukupi asupan vitamin D adalah dengan memanfaatkan pajanan sinar matahari di pagi hari.

Kecukupan asupan vitamin D bagi tubuh dapat menghindarkan tubuh dari penyakit rheumatoid arthritistuberkulosismultiple sclerosisdiabetes tipe 1 dan osteomalacia. Kekurangan vitamin D pada anak-anak dapat mengakibatkan penyakit rakitis.

Selain itu, sinar matahari berperan penting di dalam menjaga dan merawat kesehatan kulit. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan paparan sinar matahari dapat mengatasi sejumlah kondisi kulit. Sejumlah dokter pun merekomendasikan radiasi sinar UV untuk menangani kulit berjerawat, eksim, sakit kuning, dan psoriasis. Akan tetapi, terapi radiasi sinar UV ini mungkin tidak dapat untuk semua penderita. Konsultasikan hal ini dengan dokter ahli kulit terkait.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.