Gegara Status hoaks Korban Covid-19 Di Lotim Meninggal, IRT Diamankan Polisi

Redaksi7.com-Mataram-Untuk sekain kalinya ditreskrimsus Polda NTB mengamankan pelaku peyebar hoaks terkait korban virus corona di NTB, kali ini pelakunya Seorang ibu rumah tangga  inisial EDA (31thn) yang sedang hamil karena pelaku melakukan postingan bahwa salah satu korban virus coroan di lombok timur meninggal dunia. Kamis (23/3)

“Pelaku melalui akun Facebook miliknya itu ia memposting adanya warga lombok timur terkena Virus Corona Covid-19 dengan dengan kalimat Postingan “innalillahi wa innailaihi roojiun di Aikmal positif barusan meninggal,”ungkap Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto

Menerima laporan postingan tersebut petugas dari ditreskrimsus polda NTB bergerak cepat dengan mengecek RSUD lotim dan hasilnya tidak benar.

“Kemudian setelah dicek ke Dikes, RSUD Lotim ternyata kabar itu Hoax,” kata Artanto,

Selanjutnya petugas langsung mengecekan akun  dengan nama “Umi Diyna” dan berhasil mengamankan pelaku Desa Kekeri, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat.

“informasi dari pihak keluarga bahwa pelaku depresi. Nanti untuk lebih lanjut apakah pelaku depresi atau tidak akan berkoordinasi sama Pihak Rumah sakit  Polda NTB,” ungkapnya.

Akibat perbutanya Pelaku terancam UU ITE Nomor : 19 Tahun 2016 Pasal 28 Ayat I tentang Informasi Bohong.

“Pelaku sementara waktu wajib lapor dan tetap kita proses. Walau yang bersangkutan sudah melakukan permintaan maaf,”jelasnya

Lebih lanjut Artanto mengimbau kepada warga  masyarakat agar tidak mudah percaya Hoax dan jangan sekali-kali mengabarkan soal berita yang belum jelas kebenaranya.

“Hati-hati melakukan postingan soal virus corona, soalnya sangat sensitif,”tutupnya

 

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!