by

Sugiarta, Tiga Tugas Pokok Polantas Mengatur, Menjaga, Mengawal, Dan Patroli

-Uncategorized-37 views

Redaksi7.com-Lombok Barat-Polisi Lalu Lintas (Polantas) merupakan etalase Polri terdepan yang ditampilkan dalam pelayanan Kepolisian di Jalan Raya. Hampir setiap pagi disetiap sisi jalan terdapat Polantas yang sedang melaksanakan tugas mulai penjagaan hingga pengaturan arus lalu lintas.Jumat (13/3).

Seperti kegiatan anggota  Polantas polres Lombok barat di bundaran Giri menang squre atau yang lebih di kenal dengan GMS, Nampak  tiga orang anggota Polantas yang sedang berjaga mengatur arus lalu lintas di lokasi tersebut.

Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh Polantas , Kapolres Lobar AKBP Bagus S Wibowo   melalui Kasat Lantas  Iptu I Made Sugiarta  menjelakan bahwa ada 5 (lima) tugas pokok Polantas berdasarkan UU Nomor 22/2009.

“Polantas berfungsi dalam bidang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor dan Pengemudi, Penegakan Hukum, Operasional Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, serta pendidikan berlalu lintas” ujar Kasat Lantas.

Dijelaskan Kasat pelaksanaan pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli (Turjawali) terhadap kegiatan masyarakat dan pemerintah merupakan  Tugas Polri secara umum, hal ini sebagaimana termasuk dalam pasal 14 UU 2/2002.

“ Tidak hanya Polantas, namun fungsi Kepolisian berseragam lainnya dapat melaksanalam Turjawali” ujarnya.

Pada saat melaksanakan penjagaan dan pengaturan lalu lintas, Petugas di lapangan  melaksanakan secara konsisten dan dapat memberhentikan Pengemudi kendaraan Bermotor yang melakukan pelanggaran terlihat (kasat mata) secara langsung.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.