by

Mudah, Ini Cara  Pembuatan SKCK Dipolres Lombok Barat

-Uncategorized-58 views

Redaksi7.com-Lombok Barat-Dalam pengajuan SKCK Sama seperti mengurus dokumen lainnya, membutuhkan dokumen yang mendukung, Jumat (6/3).

Kasat Intelkam Polres Lombok Barat I Dw. Gede Meiriawan, S.IK mengatakan bahwa sebenarnya tak sulit membuat SKCK, yang penting sudah melengkapi semua syarat membuat SKCK yang diminta.

Kasat Intelkam menjelaskan bahwa syarat pengajuan penerbitan SKCK diantaranya pengambilan Rumus Sidik jari dari kepolisian.

“Melengkapi dengan dokumen-dokumen data diri,” katanya.

Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Fotokopi Kartu Keluarga (KK), Fotokopi Akta Kelahiran, serta Pas foto ukuran 4×6 berlatar/background merah sebanyak 5 lembar.

“Di Polres Lombok Barat untuk Pengambilan sidik jari, dapat langsung dilakukan di pelayanan SKCK, karena konsepnya pelayanan terpadu,” jelasnya.

pemohon dimudahkan dalam pengambilan sidik jari, karena unit identifikasi Sat Reskrim Polres juga ditempatkan di Pelayanan SKCK Sat intelkam Polres Lobar.

“Walaupun pernah tersangkut tindak pidana, SKCK tetap diterbitkan, namun dengan catatan,” imbuhnya.

Catatan ini berdasarkan data Kejahatan Tindak Pidana di Polres Lombok Barat, juga dalam hal ini Rekomendasi Catatan Kriminal.

Untuk biaya penerbitan SKCK berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016, tentang jenis dan tarif  atas jenis PNBP yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia, yaitu sebesar Rp 30 ribu.

“Untuk memberikan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dalam pembuatan SKCK, Sat Intelkam Polres Lombok Barat telah menyiapkan fasilitas pendukung untuk kenyamanan Pemohon,” jelasnya.

Ruang Pelayanan SKCK Polres Lombok Barat, telah dilengkapi dengan ruangan AC, Tolilet, Layanan Wifi, ruang menyusui, serta tempat bermain untuk anak.

“Diharapkan dengan disediakan fasilitas umum ini, dalam pelayanan memberikan kenyaman untuk masyarakat,” imbuhnya.

Untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat, dilengkapi pengukur tingkat kepuasan masyarakat, yaitu melalui metode manual dengan menggunakan kotak saran, serta secara digital.

“Dari hasil rekapitulasi dalam mengukur tingkat kepuasan masyarakat, 97% pemohon menyatakan kepuasannya, sedangkan 2,5 % menyatakan masih belum puas.

“Saran dari Masyarakat tetap kami tampung, dan akan tetap ditindaklanjuti untuk meningkatkan kualitas pelayanan SKCK di Polres Lombok Barat,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.