by

Kabur, 4 Komplotan Pelaku Pembobol ATM Antar Provinsi Ditembak Polisi

-Uncategorized-61 views

Redaksi7.com-Lombok Barat-Tim reserse criminal polres Lombok barat berahsil menangkap empat dari lima orang  komplotan pelaku pembobol mesin ATM antar provinsi , empat komplotan terpaksa dihadiahi timas panas petugas, karena saat dilakukan penangkapan para pelkau melawan dan mencoba kabur, Jumat (6/3).

Kemapat pelaku masing-masing berinisal JA (24) , SA (22), RU (22) DAN AK (22) warga asal provisni jawa barat  serta seorang perempuan berisnial  J masih menjadi DPO polisi, melakukan aksinya disbeuah mesin ATM di wilayah Kediri kabupaten Lombok barat, pelaku JA dan SA masuk kedalam ATM kemudian memasang alat dan stiker pengaduan palsu.

“Dari hal keterangan para pelaku ini, mereka telah melakukan pembobola mesin TAM di beberapa provinsi diindonesia, dan untuk di Lombok barat mereka sudha lakukan belasan kali,” ungkap kapolres Lombok barat AKBP Bagus S. Wibowo.

Adapun modus para pelaku dalam menjalan aksinya, menjanggal tempat lubang kartu  kredit dengan alat-alat yang sudah diranncang para pelaku selanjutnya menempelkan stiker nomor pengaduan palsu pada mesin ATM.

“Jadi ketika pada saat korban melakukan transaksi di ATM tersebut maka seolah-olah ATM milik korban akan tertelan padahal ATM tersebut nyangkut di slot ATM yang sudah di pasangkan alat oleh pelaku, selanjutnya ketika korban merasa panik pada saat ATM miliknya seolah-olah tertelan kemudian di sanalah pelaku mengarahkan atau menyarankan korban untuk menghubungi nomoh HP call center palsu yang telah di pasang oleh para pelaku,”jelasnya

Berkat laporan salahs atu korban dan  rekaman kamera pingintai atau CCTV sat reskrim polres Lombok barat lamgsung melakukan pengintaian dan menangkapan disebuah taman di kabupaten Lombok timur namun saat dilakukan penangkapan para pelaku mencoba melawan dan mencoba kabur polisi terpaksa menembak kaki para pelaku.

“Para pelaku ini kita tangkap di Lombok timur, saat hendak akan mealkukan aksi pembobolan ATM,” ujarnya.

Salah satu pelaku AK mengaku ia nekat membobol ATM bersama teman-temannay untuk kebutuhan menikah denagn kekasih pujan hatinya.

“Ya kami bersama teman sering melakukan membobol mesin ATM di berbgai tempat di indoneisa, hasilnay untuk biaya pernikahan,” ungkap pelaku

Hingga saat ini petugas masih mengejar salahs eorang perempuan yang diduga bertindak sebagai operator , dan dari tangan pelkau polisi mengamankan  satu unit HP, 36 lembar stiker pengaduan palsu, tiga buah ATM BNI . BRI, BTN MANDIRI, DAN OCBC serta uang lima ratsu ribu rupiah.

“Terhadap ParaPelaku di jerat dengan Pasal Pencurian dengan pemberatansebagaimana dimaksud dalamPasal 363 ayat(1) ke-4 dan ke-5 KUHP dimana para pelaku melakukan pencurian tersebut dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan cara bersekutu yang di lakukan dengan cara merusak, dengan ancaman hukuman 7 tahun,” tutup Bagus.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.