BERHASIL EVAKUASI KECELAKAAN HELIKOPTER, ANGKASA PURA BERIKAN PENGHARGAAN

Lombok Tengah – Bertempat di ruang rapat Mandalika Lombok International Airport, berlangsung sebuah acara pemberian penghargaan kepada pihak-pihak yang terlibat memberikan bantuan evakuasi pesawat Helikopter bersama penumpang beberapa waktu lalu, Rabu (11/9). Piagam penghargaan dari Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV Denpasar diberikan sebagai bentuk terima kasih atas bantuan evakuasi kecelakaan Helikopter Bell 206L-4, Reg PK-CDV, yang dioperasikan oleh PT. Carpediem Aviasi Mandiri pada tanggal 14 Juli 2019 di desa Kawo, Pujut, Lombok Tengah lalu.

Turut hadir dalam penyerahan piagam antara lain GM. Angkasa Pura I Lombok International Airport Nugraha Jati, Komandan Lanud ZAM Kolonel Nav. Budi Handoyo, Kapolres Lombok Tengah Akbp. Budi Santosa, Dandim 1620/Loteng, Letkol Czi Prastiwanto, Kadisops Lanud ZAM Letkol Lek. Susilo Hermawan, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram I Nyoman Sidakarya, GM. AirNav Lombok International Airport I Made Adi Sanjaya, Kepala BMKG Lombok International Airport Suparno, Kepala Karantina Kesehatan Wiker Lombok International Airport Datuk. GM. Kokapura Muzakir.

GM. Angkasa Pura I Lombok International Airport Nugraha Jati mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk respon pemerintah atas upaya yang sudah dilakukan oleh pihak-pihak yang telah membantu penyelamatan penumpang dan juga evakuasi bangkai pesawat.
“Kami mendapat amanah dari Direktur jendral perhubungan udara atas respon cepat terhadap Helicopter Bell 206L waktu lalu” ungkapnya.

Menurutnya pada kecelakaan pesawat beberapa waktu lalu tidak ada yang mengalami luka-luka yang parah. Saat ini bangkai Heli diamankan di baseops Lanud ZAM TNI AU dan menunggu dari TIM KNKT.

Selanjutnya dilakukan penyerahan piagam penghargaan oleh Angkasa Pura I Lombok International Airport Nugraha Jati kepada pimpinan instansi yang terlibat.

Komandan Lanud ZAM Kolonel Nav. Budi Handoyo yang ikut diberikan penghargaan mengatakan sebagai komandan Lanud ZAM dirinya mengucapkan banyak terima kasih atas apresiasinya kepadaTNI AU oleh GM terkait penanganan kecelakaan pesawat Helicopte Bell 206L, PK-CD. “pada saat itu kita bersinergritas untuk bareng-bareng bergerak dak berkomunikasi perihal kecelakaan pesawat Helikopter” ungkapnya.

Dandim 1620/Loteng, Letkol Czi Prastiwanto juga menyampaikan hal yang sama. “Saya mengucapkan seperti halnya Komandan Lanud, kami dari TNI AD Lombok Tengah mengucapkan banyak terima kasih atas apresiasinya oleh pak GM. Dalam kejadian tersebut saya mengapresiasi komunikasi antar instansi terkait dan langsung bertindak cepat untuk mengevakuasi korban kecelakaan tersebut” ujarnya.

Sedangkan Kapolres Lombok Tengah AKBP Budi Santosa mengatakan pada saat kejadian itu dirinya dihubungi oleh GM AP 1 LIA soal insiden pesawat helikopter jatuh. “saat itu saya tidak berada di tempat dan berada di Jakarta. Saya langsung menghubungi anggota kami yang disana untuk memberikan bantuan evakuasi Helicopter yang jatuh di desa Kawo, Pujut, Lombok Tengah” ujarnya.

Sementara Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram I Nyoman Sidakarya mengapresiasi kepada semua terkait oleh penanganan cepat tepat saat evakuasi pesawat jatuh karena didalam pesawat itu adalah penumpang mancanegara “kita prioritaskan penumpang dahulu, saya juga mengucapkan terima kasih atas apresiasinya oleh para Komandan- Komandan Instansi yang terkait yang sudah bersinegritas saling berkomunikasi dan tindakan yang cepat” paparnya usai menerima piagam penghargaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *